PERTANYAAN YANG SERING DI AJUKAN (FAQ)

Apa itu payment gateway?

Payment gateway adalah pihak yang menghubungkan merchant dengan bank/sumber dana. Dengan cara ini, pedagang dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit dan akun virtual.

Apa itu Manjo?

Manjo adalah payment gateway yang menyediakan layanan handal untuk kebutuhan bisnis Anda. Tidak perlu ragu dengan legalitasnya karena Manjo telah memperoleh lisensi dari Bank Indonesia sebagai Penyedia Jasa Pembayaran Kategori Izin 2 dengan aktıvıtas Payment Initiatıon dan/atau Acquiring Services dengan Lisence No. 25/594/DKSP/Srt/B
, Manjo menyediakan layanan yang dapat diandalkan untuk kebutuhan bisnis Anda. Manjo berasal dari kata bahasa Indonesia tahun 80-an yang berarti "ajaib". Anda dapat fokus menjual produk Anda ke pasar tanpa khawatir tentang pembayaran.

Siapa yang dapat menggunakan layanan/produk Manjo?

Para pelaku bisnis online yang ingin bisnisnya dapat menerima pembayaran dengan berbagai metode.

Bagaimana cara bergabung di Manjo?

Integrasikan dalam beberapa jam dan mulailah mengirim uang dengan mudah, mulai sekarang dengan 3 langkah mudah:

  • Hubungi Tim Pemasaran kami
  • Anda dapat cek dokumen API kami untuk mulai bergabung. Jika membutuhkan bantuan dan memiliki pertanyaan pada saat proses bergabung, Anda dapat menghubungi bagian pemasaran kami
  • Setelah dokumen persyaratan sudah siap semua, kami akan mengirimkan informasi KYC kepada Anda dan Mulailah  bertransaksi di Manjo.

Informasi atau dokumen legal apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar akun merchant?

Dokumen legal yang dibutuhkan adalah merchant form yang terdiri dari data usaha, data penanggung jawab, rekening bank, email, nama sesuai KTP, NPWP & NIB.

Bagaimana permintaan draft kontrak perjanjian kerjasama sebelum mengajukan pendaftaran oleh merchant?

Merchant dapat mengajukan permintaan via email ke cs@manjo.co.id.

Bagaimana tahap Verifikasi Data?

Tim verifikasi kami akan melakukan proses verifikasi dengan menghubungi anda ke nomor telepon yang terdaftar. Verifikasi dan pengaktifan akun akan dilakukan paling lama 3 x 24 jam. Mohon pastikan nomor telepon yang anda daftarkan aktif dan diangkat saat tim verifikasi kami menghubungi.

 

Apakah saya harus memiliki izin usaha untuk menggunakan layanan ini?

Tidak, data izin usaha diperlukan jika Anda ingin menggunakan layanan/produk tertentu yang memerlukan data tersebut untuk proses pendaftaran.

Apa standar minimum konten website yang dapat diterima sebagai merchant Manjo?

Memiliki informasi resmi terkait perusahaan (contoh: produk yang dijual jelas dan sesuai dengan izin usaha). Memiliki contact info (contoh: nomor telepon, alamat dan email) yang dapat dihubungi.

Saya lupa kata sandinya. Bagaimana cara mengatur ulang kata sandi saya?

Silahkan hubungi kami melalui email ke cs@manjo.co.id  atau anda dapat menghubungi kami di 021-6541812, staff kami akan membantu anda.

Bisnis apa saja yang Manjo layani?

Mayoritas model bisnis dapat kami layani, tetapi ada beberapa pengecualian. Kami tidak menerima layanan dengan konten yang memiliki kriteria berikut:

  • Situs dengan konten ‘XXX’
  • Situs perjudian
  • Persenjataan
  • Narkoba dan segala perlengkapannya
  • Produk atau jasa ilegal atau terlarang lainnya
  • Perusahaan telemarketing beresiko tinggi (horoskop, prediksi atau ramalan dan sejenisnya)
  • Replika

Metode Pembayaran apa saja yang tersedia?

Pembayaran melalui kartu kredit dan virtual account.

 

Apakah nasabah menerima notifikasi transaksi pembayaran sukses?

Ya, pelanggan akan menerima notifikasi melalui email setiap melakukan pembayaran. Namun, merchant juga dapat menonaktifkannya saat membuat invoice melalui back office.

 

Mata uang apa saja yang dapat digunakan di Manjo?

Untuk memenuhi syarat regulasi dari Bank Indonesia, Manjo hanya dapat memproses transaksi menggunakan Rupiah (IDR). Anda perlu untuk mengkonversi nilai mata uang anda ke Rupiah jika anda menggunakan mata uang lain untuk bertransaksi di Manjo. Kami menyarankan anda untuk TIDAK menggunakan format desimal untuk bertransaksi. Hal ini bertujuan untuk menghindari pending transaksi dari pihak bank.

Apakah Manjo sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia?

Manjo telah memperoleh lisensi dari Bank Indonesia sebagai Penyedia Jasa Pembayaran Kategori Izin 2 dengan aktıvıtas Payment Initiatıon dan/atau Acquiring Services dengan Lisence No. 25/594/DKSP/Srt/B. Manjo telah resmi menjadi Anggota Afiliasi Asosiasi Penyedia Ssistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sejak
tanggal 4 Januari 2024 dengan nomor anggota AFN106, untuk memenuhi standarisasi SNAP API yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

 

Berapa biaya pendaftarannya?

Tidak ada biaya yang harus dibayar oleh merchant saat mendaftar.

 

Berapa biaya layanan Payment Gateway Manjo?

  • Gratis biaya bulanan
  • Tanpa minimum transaksi
  • Biaya hanya dibebankan per transaksi yang berhasil berdasarkan volume dan risiko transaksi (kartu kredit mulai dari 2,5% – biaya tetap), virtual account Rp 3000.

Bagaimana cara menambahkan nomor rekening baru ke Akun Manjo?

Untuk menambahkan rekening bank yang terdaftar, anda dapat mengirim email ke cs@manjo.co.id  dengan foto atau tangkapan layar rekening bank anda terlampir pada surat. Rekening bank baru anda akan ditambahkan sebagai rekening tujuan dalam waktu 1×24 jam (di hari kerja).

 

Setelah melakukan transaksi pembayaran apakah merchant perlu konfirmasi ke Manjo?

Tidak perlu, status pembayaran akan terbaru secara sistem dan tidak perlu melakukan konfirmasi kembali.

Bagaimana tentang transaksi gagal atau tertunda?

Mohon segera hubungi kami via email ke cs@manjo.co.id  atau anda dapat menelepon kami di 021-6541812 staff kami akan segera membantu anda.

Bagaimana jika koneksi internet terputus saat transaksi sedang berjalan?

Jika pelanggan menerima notifikasi pembayaran berhasil, maka transaksi pembayaran tersebut telah berhasil dilakukan, namun jika tidak menerima notifikasi maka transaksi tidak berhasil dan dapat diulang setelah koneksi tersambung kembali

 

Apakah layanan Manjo aman ?

Layanan Manjo cukup aman  karena Manjo telah menetapkan standar sistem keamanan untuk transaksi pembayaran online.

 

Bagaimana saya melindungi diri dari penipuan?

3-D Secure (3 Domain Secure), juga dikenal sebagai otentikasi pembayaran adalah sebuah protokol keamanan untuk mengurangi penipuan dalam transaksi kredit online. Saat ini, jasa ini ditawarkan oleh Visa dan Mastercard dengan istilah Verified by Visa and MasterCard SecureCode. Otentikasi pembayaran adalah proses tiga pihak. Pihak-pihak yang terlibat adalah: vendor, pengakuisisi (bank yang memproses pembayaran) dan penerbit kartu (contoh: Visa atau MasterCard). Manjo juga menyediakan FDS (Fraud Detection System) untuk mencegah transaksi penipuan. Sistem kami menggunakan teknologi termutakhir untuk mempelajari transaksi terdahulu dan menggunakannya untuk menyaring permintaan transaksi baru.

 

Apa jenis standar keamanan yang diikuti oleh Manjo?

Kami memiliki kualifikasi profesional dan teknologi mutakhir untuk memastikan keamanan pembayaran anda sebagai berikut :

  • Validasi Virtual URL & IP Pedagang untuk ID Pedagang
  • Enkripsi SSL 256 BIT
  • SLA mencapai 99,99%
  • API Komunikasi Server ke Server

Apa itu Virtual Account?

Virtual account (VA) adalah salah satu cara pembayaran dengan rekening bank yang bersifat virtual atau rekening yang sementara. Virtual account terdapat nomor ID yang dibuat oleh bank khusus untuk melakukan satu proses transaksi pembayaran yang terkait.

 

Apa perbedaan virtual account dan transfer bank biasa?

Transfer bank dilakukan ke rekening tujuan perseorangan/perusahaan tertentu. Nominal akan ditentukan oleh pengirim dan biasanya pengirim akan melakukan konfirmasi setiap setelah selesai melakukan transfer.

Virtual account biasanya dibuat untuk automasi konfirmasi pembayaran. Dimana biasanya perusahaan akan membuat satu rekening virtual khusus untuk melakukan transaksi pembayaran yang terkait. Virtual account ini dapat juga mengandung informasi nominal saldo yang harus dibayarkan, sehingga mengurangi kesalahan pembayaran (human error) dari pihak customer. Rekening khusus ini memungkinkan sistem untuk melakukan pengecekan secara otomatis setiap kali ada dana yang masuk, sehingga status transaksi dapat langsung terbaru secara real time.

 

Nama apa yang akan tertera di tagihan ATM/Mobile Banking/Internet Banking ketika customer ingin membayarkan virtual account?

Nama yang tertera di tagihan ATM/Mobile Banking/Internet Banking merchant adalah berupa nomor virtual account yang akan keluar

 

Tagihan virtual account telah dibayarkan, tapi dana belum tertampil di dashboard?

Anda dapat menghubungi customer service kami melalui email ke cs@manjo.co.id dengan screenshot bukti transaksi. Team kami akan langsung melakukan pengecekan transaksi terkait.

 

Kartu kredit apa saja yang dapat diterima oleh Manjo?

Manjo dapat menerima kartu kredit berlogo Visa, Mastercard dan JCB

 

Bagaimana jika produk dijual dengan mata uang selain IDR / rupiah?

Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, Manjo hanya menerima pembayaran dalam mata uang IDR / Rupiah. Semua produk dengan mata uang luar harus dikonversikan ke rupiah. Dalam hal ini, merchant dapat melakukan konversi harga sebelum membuat tagihan akhir.

 

Bisakah customer membayarkan tagihan dalam USD/EUR/ valuta asing lainnya?

Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, Manjo hanya menerima pembayaran dalam mata uang IDR / Rupiah. Semua produk dengan mata uang luar harus dikonversikan ke rupiah. Dalam hal ini, merchant dapat melakukan konversi harga sebelum membuat tagihan akhir.

 

Apakah jalur pembayaran kartu kredit di Manjo dapat dilakukan tanpa memasukkan kode CVV?

Tidak bisa

 

Apakah Manjo menyimpan data nomor dan CVV kartu kredit customer?

Tidak, customer harus memasukkan nomor dan CVV kartu kreditnya untuk setiap transaksi.

 

Apa itu otentikasi 3D Secure?

3D Secure adalah standar keamanan dari Bank Indonesia untuk transaksi kartu kredit, dimana pembayar harus memasukan nomor OTP yang dikirim ke nomor HP pemegang kartu kredit.

 

Apakah saya bisa melakukan transaksi kartu kredit tanpa proses otentikasi 3D Secure / OTP?

Tidak. Proses ini wajib untuk menjamin keamanan transaksi anda.

 

Berapa lama waktu kedaluwarsa OTP untuk transaksi kartu kredit?

Expiration date OTP akan ditentukan oleh pihak bank penyedia kartu kredit. Biasanya, masa kedaluwarsa OTP adalah 5 menit.

 

Apakah saya bisa membuat atau merubah halaman otentikasi 3D Secure atau OTP kartu kredit saya?

Tidak. Customer akan dibawa langsung ke halaman yang disediakan dari bank pemegang kartu kredit.

 

 

Chargeback :

  1. Apa itu chargeback?

Chargeback adalah penahanan uang yang dilakukan oleh bank akibat adanya perselisihan saat ada transaksi kartu.

 

  1. Berapa lama settlement time jalur pembayaran kartu kredit?

Settlement H+1 mengikuti cut off time

 

  1. Apa perbedaan void dan refund?

Void: Transaksi dibatalkan dalam waktu 24 jam setelah transaksi terjadi. Dana akan langsung dikembalikan ke limit kartu kredit pengguna.

Refund: Transaksi dibatalkan dalam waktu lebih dari 24 jam setelah transaksi terjadi. Dana akan dikembalikan ke kartu kredit pengguna dalam waktu 20 hari.

 

  1. Apakah saya tetap harus membayarkan biaya layanan ke Manjo jika transaksi failed, void, atau refund?

Tidak, Manjo hanya akan memotong biaya layanan dari transaksi yang berhasil (tidak termasuk void dan refund).

 

  1. Mengapa saya mendapat status Failed di pembayaran kartu kredit?

Status failed dapat terjadi jika kartu ditolak. Alasan penolakan kartu antara lain kesalahan OTP, limit di kartu tidak mencukupi, dan lainnya,

Detail alasan penolakan dapat dilihat di dashboard merchant, di bagian detail laporan transaksi.

 

  1. Bagaimana cara melakukan refund?

Proses refund dapat dilakukan dengan mengajukan permintaan refund ke cs@manjo.co.id  

 

  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi refund?

Untuk proses refund, dana biasanya akan dikembalikan ke limit kartu kredit customer dalam waktu maksimal 20 hari kerja.